Kamis, 11 Oktober 2012

Kebun Binatang Bandung


Kalau ke Bandung, seandainya memungkinkan jangan hanya melirik mall-mall atau tempat perbelanjaan, nonton, maupun lokasi wisata modern saja.
Sempatkanlah untuk berkunjung ke lokasi wisata yang tak kalah serunya. Salah satunya adalah Kebun Binatang Bandung yang didalamnya banyak terdapat binatang baik yang langka dan dilindungi maupun tidak.
Sejarah Kebun Binatang
Pada mulanya kebun binatang ini dikenal dengan sebutan Derenten atau dalam bahasa Sunda “dierentuin” yang artinya kebun binatang. Kebun binatang ini didirikan sekitar tahun 1930-an oleh Bandung Zoological Park (BZP) yang ketika itu dipelopori oleh Direktur Bank Dennis, Hoogland. Pengesahannya sendiri diwenangi oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang kemudian dituangkan dalam keputusan 12 April 1933 No 32.
Ketika Jepang kemudian menguasai daerah ini, mengakibatkan kebun  ini kurang terkelola dengan baik sampai tahun 1948. Kemudian dilakukan rehabilitasi untuk mengembalikan fungsi wisata kebun ini pada tahun 1956 atas inisiatif dari R. Ema Bratakoesoema, Bandung Zoological Park dibubarkan dan berganti menjadi Yayasan Marga Satwa Tamansari pada tahun 1957.
Wahana Rekreasi
Adapun berbagai wahana rekreasi yang bisa dinimati di Kebun Binatang Bandung ini antara lain:
-         flyng fox
-         taman bermain
-         dan kolam untuk perahu dan perahu bebek
Di halaman depan Anda akan disambut oleh kawanan gajah dan beberapa kandang burung. Berjalan agak ke dalam Anda akan melihat kawasan tempat berbagai jenis ular.
Tak jauh dari sana terdapat wisata hewan tunggang, antara lain gajah dan unta. Tak hanya itu, wisata bermain perahu di kolam buatan dapat Anda nikmati. Untuk dapat berkeliling kolam dengan menggunakan perahu kayuh Anda harus membayar dengan harga yang telah ditetapkan.
Ada juga arena bermain bagi anak-anak dengan berbagai macam permainan. Untuk memasuki area Kebun Binatang, Anda cukup membayar Rp. 11.000,- saja dan bebas menikmati isi Kebun Binatang.
Kebun Binatang Bandung dibangun pada tahun 1933 yang merupakan penggabungan 2 kebun binatang yaitu dari Cimindi dan Dago atas yang dirancang oleh Dr. W. Treffers. Penggabungan ini dimaksudkan karena kedua tempat ini sudah tidak layak lagi untuk menyimpan berbagai binatang yang semakin lama semakin banyak.



Fasilitas:
- Pusat Informasi
- Toilet
- Mesjid
- Place shelter
- Settee
- Ash can
- Food booth & beverage
- Museum pickling of animal


Lokasi
Terletak di Jl. Tamansari. Jl. Kebon Binatang No. 6 Taman Sari Bandung- 40132
Jawa Barat, Indonesia,

0 komentar:

Posting Komentar

 

KOMPAS.com

VIVAnews

news.detik

Executive Class Universitas Budi Luhur